PIVOT62 –¬†Butter Chicken, atau yang dikenal pula sebagai Murgh Makhani dalam bahasa Hindi, adalah salah satu hidangan India yang telah menyeberang lautan dan memenangkan hati para penikmat kuliner di seluruh dunia. Dengan kombinasi rempah yang kaya dan tekstur saus yang lembut dan krimi, Butter Chicken menawarkan pengalaman rasa yang khas dan memanjakan lidah. Artikel ini akan mengajak Anda untuk menyelami sejarah, proses pembuatan, dan variasi dari hidangan lezat ini.

Bagian 1: Sejarah Butter Chicken
Butter Chicken pertama kali dihidangkan pada tahun 1948 oleh seorang koki bernama Kundan Lal Gujral di restorannya yang bernama Moti Mahal di Delhi, India. Hidangan ini tercipta sebagai solusi kreatif untuk menyajikan kembali ayam tandoori yang telah dingin dengan menambahkan saus tomat yang kaya krim. Sejak saat itu, Butter Chicken telah berkembang menjadi ikon kuliner India yang disukai banyak orang.

Bagian 2: Bahan dan Proses Pembuatan
Kunci dari kelezatan Butter Chicken terletak pada pemilihan bahan dan proses pembuatannya yang teliti. Ayam yang umumnya direndam dalam marinasi yogurt dan rempah-rempah selama beberapa jam ini kemudian dipanggang hingga kecokelatan sebelum dicampurkan dengan saus. Saus Butter Chicken yang kaya dibuat dari tomat, krim, mentega, dan gabungan rempah-rempah seperti jintan, ketumbar, jahe, dan bumbu khas India lainnya. Setiap langkah dalam proses ini berkontribusi pada kedalaman rasa dan kehalusan tekstur yang menjadi ciri khas hidangan ini.

Bagian 3: Variasi Resep Butter Chicken
Meski resep tradisional Butter Chicken tetap populer, terdapat berbagai variasi yang telah muncul seiring dengan penyebaran hidangan ini ke berbagai belahan dunia. Beberapa koki memodifikasi resep dengan menambahkan kacang tanah atau kacang mete untuk menambah kekayaan tekstur, sementara yang lain mungkin menyesuaikan level kepedasan untuk memenuhi selera lokal. Perbedaan dalam jenis dan proporsi rempah-rempah yang digunakan juga menciptakan nuansa rasa yang beragam dari satu resep Butter Chicken ke resep lainnya.

Bagian 4: Butter Chicken dalam Kuliner Global
Butter Chicken tidak hanya menikmati popularitas di India, tetapi juga telah menjadi menu favorit di restoran-restoran India di seluruh dunia, dari London hingga New York, Sydney hingga Johannesburg. Kelezatan dan kekayaan rasanya membuat hidangan ini dengan mudah diterima oleh berbagai lidah, menembus batas-batas budaya dan geografis.

Penutup:
Butter Chicken adalah lebih dari sekadar hidangan; ia adalah perwakilan dari keanekaragaman dan keragaman kuliner India. Dengan sajian yang menggugah selera dan mudah disesuaikan dengan berbagai selera, Butter Chicken terus memikat para penikmat makanan dan memperkaya daftar hidangan favorit di meja makan di seluruh dunia. Baik untuk perjamuan spesial atau makan malam bersama keluarga, Butter Chicken selalu menjanjikan kehangatan d